7 Fakta tentang Mimpi

May 11, 2012

MimpiAnda pernah bermimpi, semua pembaca pasti pernah mengalami hal ini bukan? Mimpi bisa menjadi hal yang menarik, menyenangkan, menakutkan atau hal-hal aneh yang tak masuk akal. Mengapa kita bermimpi masih menjadi salah satu pertanyaan terbesar dalam psikologi yang “belum terjawab”, meskipun banyak ahli mencoba mendefinisikan tentang mimpi, termasuk Sigmund Freud. Namun demikian, saat ini ilmuwan masih terus menelusuri dan meneliti tentang mimpi. Dan masih banyak orang yang menerka-nerka tentang mimpi, bahkan dijadikan rujukan nomor togel, firasat, rezeki bahkan musibah. Oh no…..!

Mimpi bisa menjadi bermakna pada setiap orang, namun ada yang menganggapnya sebagai bunga tidur. Dunia Psikologi tidak akan membahas lebih jauh soal teori tentang mimpi, tapi mengulas fakta menarik soal mimpi, penasaran? berikut 7 fakta menarik tentang mimpi. Fakta tersebut berdasarkan hasil riset terhadap orang-orang yang mengalami mimpi.

1. Setiap Orang Pernah Bermimpi
Ya, setiap orang mengalami yang namanya mimpi, pria, wanita dan seorang bayi, bahkan orang yang mengaku tidak pernah bermimpi pun dalam sebuah riset terbukti mengalami mimpi. Dalam beberapa penelitian tentang orang-orang yang mengaku tidak pernah bermimpi, saat dilakukan riset yang dibantu pengukuran Rapid eye movement sleep (REM sleep), ditemukan bahwa mereka juga bermimpi. Namun kesulitan untuk mengingat mimpi tersebut saat terbangun.

2. Mimpi Sulit untuk Diingat
Hasil penelitian tentang mimpi yang dilakukan J. Allan Hobson, menyebutkan sebanyak 95 persen dari semua mimpi dengan cepat dilupakan sesaat setelah bangun tidur. Mengapa mimpi kita sulit untuk diingat? Menurut salah satu hasil penelitian tsb mengatakan bahwa perubahan dalam otak yang terjadi selama tidur tidak mendukung pengolahan informasi dan penyimpanan yang diperlukan untuk pembentukan memori. Scan otak individu yang sedang tidur menunjukkan bahwa lobus frontal, daerah yang memainkan peran kunci dalam pembentukan memori, tidak aktif selama tidur REM, tahap di mana bermimpi terjadi.

3. Tidak Semua Mimpi memiliki Warna
Anda ingat mimpi anda? kalau ingat, apa kira-kira warna yang muncul dalam mimpi anda? Hitam putih? Merah atau Pink…?? sebanyak 80% dari semua mimpi memiliki warna, namun sedikit yang bisa menjelaskan warna tersebut, dan hanya memperkirakan warna tersebut hanya hitam dan putih. Sebagian besar subyek penelitian mengaku hanya melihat warna-warna lembut/bayangan dalam mimpi mereka. Bagaimana dengan anda?

4. Lelaki dan perempuan memiliki mimpi yang berbeda
Para peneliti telah menemukan sejumlah perbedaan antara pria dan wanita ketika ‘melihat’ isi dari mimpi mereka. Dalam sebuah penelitian, William Domhoff mengatakan, pria lebih banyak bermimpi tentang agresifitas dan maskulinitas. Sedangkan perempuan cenderung untuk memiliki mimpi sedikit lebih panjang mirip sebuah kisah. Dalam mimpi pria, ‘seorang wanita’ seringkali hadir dan lebih dominan dalam mimpi mereka. Sedangkan perempuan, prosentase kehadiran keduanya (pria dan wanita) dalam mimpi sama besarnya.

5. Binatang juga Bermimpi?
Apakah Anda pernah melihat seekor kucing mengibas ekornya saat tidur atau memindahkan kakinya saat tidur? Meskipun sulit untuk mengatakan dengan pasti apakah binatang itu benar-benar bermimpi, peneliti percaya bahwa ada kemungkinan bahwa binatang memang bermimpi. Sama seperti manusia, hewan melalui tahapan-tahapan tidur yang mencakup siklus tidur ; rapid eye movement (REM) dan Non-rapid eye movement (NREM). Dalam sebuah penelitian, gorila diajarkan bahasa isyarat sebagai alat komunikasi. Hasilnya, gorila “memilih” sebuah gambar, mungkin menunjukkan pengalaman bermimpi. Anda boleh percaya boleh tidak….

6. Anda dapat mengontrol isi Mimpi Anda
Dalam Lucid Dream, si pemimpi mungkin dapat melakukan kontrol dan berpartisipasi dalam mimpi, mengendalikan isi mimpi atau memanipulasi pengalaman imajiner mereka dalam lingkungan mimpi. Lucid dream, sebuah istilah yang diperkenalkan oleh Frederik van Eeden, psikiatris asal belanda mengatakan bahwa terkadang kita bisa mengontrol mimpi kita, bahkan ‘melanjutkan’ mimpi tersebut saat sejenak kita terbangun. Anda pernah bermimpi indah tapi tiba-tiba terbangun? Dan saat tidur kembali anda ingin sekali melanjutkan mimpi tersebut? Saya yakin, satu dari sekian juta kali kita bermimpi terkadang mimpi tersebut memang benar-benar berlanjut.

7. Emosi Negatif selalu mengiring Mimpi Anda
Selama jangka waktu lebih dari empat puluh tahun, peneliti Calvin S. Balai mengumpulkan lebih dari 50.000 laporan mimpi dari mahasiswa. Laporan-laporan ini dibuat pada 1990-an dan mengungkapkan bahwa banyak emosi yang dialami selama mimpi termasuk sukacita, kebahagiaan dan ketakutan. Emosi yang paling umum dialami dalam mimpi adalah kegelisahan, dan emosi negatif secara umum adalah jauh lebih umum daripada yang positif. Bagaimana dengan anda?

Sebetulnya masih banyak lagi fakta menarik tentang mimpi, namun untuk sementara 7 hal tersebut diatas relevan dan mudah dipahami kita semua. Fakta bahwa mimpi bisa menjadi begitu banyak interpretasi yang menarik inilah yang menyebabkan banyak orang percaya bahwa ada arti dalam mimpi kita. Selamat berakhir pekan…

15 Comments

Libas Habis on May 12, 2012 at 12:12 pm.

iya kita cuma beberapa % saja bisa mengingat mimpi secara keseluruhan.
tapi itu di dapat setelah kita terbangun. Jika kita tidak merekamnya maka nantinya akan tidak bisa ingat sama sekali mimpi kita.. :)

Reply

chia on July 22, 2012 at 5:55 am.

Mmg mimpi itu bagi saya tak dapat dijelaskan, tetapi mimpi itu sang unik.

Reply

Zellyta Nurfajria on August 23, 2012 at 2:26 pm.

sbenarnya gua juga mau mimpi ketemu ama si****** tp gak bisa!!!! gimana sih caranya !!!!!???? >_<

Reply

Villa on September 7, 2012 at 1:22 pm.

aku selalu mimpi buruk

Reply

ShiilA on September 8, 2012 at 5:20 am.

nasib tuh… hehe!

Reply

Lionard74 on September 22, 2012 at 3:04 pm.

Sebenarnya mimpi ini jg disinggung2 oleh beberapa kitab suci, bahkan Al Qur’an menjelaskan tentang mimpi ini, lalu ulama ilmu kejiwaan menguraikan bahwa ada 3 bagian dari asal mimpi itu, 1. Mimpi2 yg baik atau mimpi yg menjadi nyata datangnya dari Allah SWT (merupakan 1 bagian dari 45 bagian yg dianugrahkan kepada para nabi). 2. Mimpi2 buruk datangnya dari syaitan (jelas bener ini). 3. Mimpi2 yg berasal dari diri sendiri (mungkin ini yg disebut diatas sbg mimpi yg terjadi krn pengaruh/keadaan emosi kita).
Dan benar jg lah kata mas federik van ..apa td -_-^ .. Bahwa terkadang kita bisa mengontrol isi mimpi kt scr sadar di alam bawah sadar kita (uih lier aing sm bhs sendiri), pernah gue alami, mimpi pocong trus pas bangun aq blg dlm hati awas kalo dtg lg dlm mimpi gua hajar luh (wkt itu kesel bgt krn dikira bnran dikejar pcg ternyata mimpi doang. Jd il fil guah), eh bnr aja tu pcg blk lg, tp tenang dlm mimpi gua sdr kalo ni mimpi so pas tu pcng ngedeket lgsg aja gua pukul pa palu yg tb2 ada ditgn krn gua ngebayangin mo pkul tu pcg pk palu godem tp syg 1000x syg meleset eh tu pcg mlh lompt, sekali lompt jauh lg, gua kjr tp ga ke kejer trus inget ni cuma mimpi trus gua bayangin bs loncat jauh kaya sun go kong eh bnran bisa, pas lg dlm keadaan loncat jauh tu gua ngebatin oh gini toh rasanya terbang dgn kaki dan bdn yg tdk berpjk tanah, asik.. Akhrnya tuh pcg kekejar, dapet abis deh gua permak sampe ga karu2an bentuknya (emg asalnya udh ancur duluan jg sih). Yg kaya bgn gua pernah alami antara 2 smp 3 kali dgn rasa jengkel yg sama ato perasaan lain yg levelnya sama..

Reply

erwin on September 27, 2012 at 3:19 pm.

Saya terakhir x mimpi belasan tahun yg lalu. Kala itu saya bermimpi papa saya meninggal dunia. Dan keesokan harinya hal yg tidak saya inginkan terjadi sama seperti yg saya mimpikan. Koq bisa begitu? Saya skrg pengen bermimpi lg. Tlg masukannya. Thx.

Reply

Dery on December 22, 2012 at 3:15 am.

saya bisa mengontrol mimpi atau membuat mimpi, awalnya saat saya sedang relax dan sangat kelelahan, lalu saya berimajinasi sampai akhirnya saya tertidur tapi cerita dalam pikiran saya tetap terjadi dan saya bisa melakukan apa saja dalam mimpi saya. mungkin ada yang mau coba?? hhihih

Reply

vc on March 19, 2013 at 12:47 am.

Binatang bisa bermimpi.. Saya sangat percaya.. Soalnya my doggie jg kl lg tidur suka mengeluarkan suara2 pelan spt mengendus2, atau nguk nguk nguk.. Pdahal saya perhatiin matanya nutup.. Jd sy percaya kl binatang jg bisa bermimpi..

Reply

ROSA MY HAPPY on March 21, 2013 at 12:35 pm.

bagi saya mimpi itu adalah menceritakan pengalaman masa lalu dan mengungkapkan sesuatu apa yang ada dalam diri sendiri baik yang sudah terjadi maupun belum,dengan suatu perumpamaan.

Reply

Fudinesobbrown on April 6, 2013 at 4:33 am.

Kalo mimpi yg sama berulang ulang gmana tu…
Tp mimpinya gx sma,
Misal, gw mimpi bisa terbang n gw nglawan penjahat n menang, n ke esokan hari.a gw mimpi terbang lg tp gw bisa terbang krna jatuh dr pesawat trus jd bisa terbang deh,
Pa ada artinya..???

Reply

ningtyas edy pangestu on April 9, 2013 at 10:51 am.

kalo mimpinya bersambung, bagaimana itu bisa terjadi …

Reply

Tab low on April 11, 2013 at 10:20 am.

Gw pernah mimpi di pasar. Terus gw sadar kalo itu mimpi. Gw lalu ngelakuin yg gw gak prnah lakuin sebelumnya, yaitu maling di pasar dan lari, bahkan terbang dan jadi pengendali 4 elemen (mirip aang, kebanyakan nonton avatar).

Tapi gw ga nyangka bahwa gw mimpi tp gw bisa ubah ato otak atik mimpinya. Ajaib.

Reply

ningtyas edy pangestu on April 11, 2013 at 4:14 pm.

mohon ijin share …
terima kasih

Reply

Albet noel on July 19, 2013 at 3:45 am.

Binatang bisa oke gw mimpi gw lari dikejar kinkong gw kepijak gw jadi bangun rupanya gw ditampar

Reply

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



psikologi kepribadian : kenapa ya kalau sering mimpiin lelaki yang kita sika : seperti apa bentuk pelecehan seksual : sigmund freud : pengaruh tersenyum :