Alasan dan Penyebab Selingkuh (Perselingkuhan)

February 20, 2012

Alasan/Penyebab Selingkuh dan Perselingkuhan – Harapan yang terlalu tinggi terhadap pasangan dapat menjadi bumerang bagi kelangsungan hubungan perkawinan seseorang, banyak orang terlalu cepat merasa tidak puas dalam kehidupan perkawinan yang mungkin baru saja dijalani beberapa saat. Menghadapi kenyataan hidup yang jauh dari harapan, mereka lantas merasa kecewa dan mulai menyalahkan pasangannya, dan tidak sedikit dari mereka memilih untuk selingkuh.

Selingkuh

Whitehead, seorang Psikolog AS yang meneliti tentang hubungan suami istri, beranggapan bahwa munculnya selingkuh (perselingkuhan) dikarenakan luapan kekecewaan terhadap tidak terpenuhinya harapan. Tingginya harapan akan kebahagiaan justru menjatuhkan mereka ke dalam jurang kekecewaan, sehingga ketika harapan tidak tampak maka masing-masing mulai mencari pasangan baru yang dirasa lebih pas.

Selingkuh adalah segala bentuk perilaku yang yang mengarah pada hubungan yang melibatkan orang lain diluar pasangan sahnya dalam perkawinan (suami/istri) dengan memberi atau menerima perlakuan yang seharusnya diberikan pada pasangan yang sah yaitu membentuk perlakuan dengan hubungan seksual antara 2 (dua) orang.

Beberapa pakar juga berpendapat, selingkuh tidak hanya soal hubungan seksual. Ada keterlibatan asmara antara dua pasangan yang bukan pasangan resmi bisa dikatakan sebagai bentuk perselingkuhan, misalnya kissing, pengungkapan perasaan cinta dan komunikasi intensif yang melibatkan perasaan.

Debbie Layton-Tholl, ahli psikologi yang meneliti alasan-alasan terjadinya perselingkuhan menemukan beberapa alasan yang selalu diungkapkan ketika mereka terlibat perselingkuhan yaitu sebagai berikut :

  • merasakan ketidakpuasan dalam kehidupan perkawinan
  • adanya kekosongan emosional dalam kehidupan pasangan tersebut
  • problem pribadi di masa lalu
  • kebutuhan untuk mencari variasi dalam kehidupan seksual
  • sulit untuk menolak “godaan”
  • marah terhadap pasangan
  • tidak lagi bisa mencintai pasangan
  • kecanduan alkohol atau pun obat-obatan
  • seringnya hidup berpisah lokasi

Ada beberapa alasan umum seseorang berselingkuh: a) ingin melarikan diri secara emosional dari pasangannya. b) ingin bertualang dan ingin mengetahui seperti apa berhubungan seks dengan orang yang bukan pasangannya. c) marah, dendam atau permusuhan yang terpendam terhadap pasangannya. d) ingin melakukan lebih banyak seks atau hal-hal yang menyerupai perbuatan seksual yang tidak ia dapatkan atau berbeda dari pasangannya.

Adapun faktor penyebab terjadinya selingkuh yaitu antara lain :
1. Faktor Internal
a). Konflik dalam perkawinan yang tidak kunjung selesai dan terus-menerus oleh perbedaan latar belakang pendidikan, perkembangan kepribadian, subkultur, serta pola hidup, yang menyebabkan ketidakserasian relasi antarpasangan. b). Kekecewaan oleh berbagai macam sebab seperti sifat yang berbeda, cara berkomunikasi yang kurang terasa pas, dan sebagainya. c). Ketidakpuasan dalam kehidupan seksual oleh disfungsi seksual atau penyimpangan perilaku seksual lainnya. d). Problema finansial. e). Persaingan antarpasangan baik dalam karier dan perolehan penghasilan.

2. Faktor External
a). Lingkungan pergaulan yang mendorong seseorang untuk mengambil keputusan mencoba menjalin hubungan perselingkuhan, demi tidak mendapat sebutan STS (suami takut istri) di kalangan rekan sepergaulannya. b). Kedekatan dengan teman lain jenis ditempat kerja yang berawal dari saling mencurahkan kesusahan dan kekecewaan dalam rumah tangga. Dari curhat, terjalin kedekatan emosional yang berlanjut dengan kontak fisik intim. c). Godaan erotis-seksual dari berbagai pihak, rekan kerja dan teman dengan motif tertentu.

Perselingkuhan dengan atau tanpa hubungan seks mudah untuk ditemukan, bahkan untuk dilakukan. Perselingkuhan tak memandang status sosial, tingkat pendidikan, jabatan, bidang profesi, domisili, bahkan gender. Semoga artikel selingkuh dan perselingkuhan ini bisa anda gunakan sebagai referensi untuk mencegah dan mengatasi pasangan yang selingkuh.

20 Comments

RIA on June 17, 2012 at 7:47 am.

CRA NYA YAR PSNGAN QTA TDK SELINGKUH

Reply

alvi santi hasibuan on July 11, 2012 at 4:33 am.

Selingkuh itu haram dan menyesatkan…yuuuk kita hindari dan atasi …

Reply

syaefudin on July 12, 2012 at 3:25 am.

TERUS CARA mencegah pasangan agar tidak selingkuh gimana
gan

Reply

dhebiifanesha on August 31, 2012 at 3:19 pm.

mgthuin ksukaan dia dn mghndari hal yg tda dskai.a

Reply

Obat Herbal Kanker Hati on August 7, 2012 at 3:24 am.

waah bahaya juga nieh, tapi apa bisa yah dengan kurangnya komunikasi juga bisa menyebabkan perselingkuhan.? dengan sikap saling tidak terbuka satu sama lain.

Reply

asikin on September 8, 2012 at 8:19 am.

segala susuatu pasti ada akibatnya!!!salam kenal dan semoga sukses…
artikel yang sangat sangat menarik untuk dibaca.

Reply

Risma on October 12, 2012 at 6:48 am.

Perselingkuhan disebabkan karena tidak adanya iman atau percaya kedua belah pihak masing-masing,semoga informasi ini bisa memberikan hal yang positif buat kehidupan kita.

Reply

gimin on October 30, 2012 at 8:25 am.

Pagar utama adalah iman. Rapatkan barisan, kuatkan iman agar jauh dari selingkuh.

Reply

albertha on November 10, 2012 at 1:50 pm.

bisa juga terjadi karena kurangnya rasa syukur atas apa yg telah dimiliki.

Reply

ryan on December 5, 2012 at 6:05 am.

Setia itu ga cape

Reply

atikah on December 29, 2012 at 4:43 am.

kadang lingkungan baru memang sering membuat kita mengenal banyak orang baru, mungkin diantara orang baru tersebut ada yang suka sama kita ataupun kita yang suka sama salah satu dr mereka. aku pernah diselingkuhin, dan sepertinya kebanyakan selingkuh itu pasti melibatkan hubungan seksual.

Reply

Liar on January 23, 2013 at 2:09 pm.

kebanyakan janji sebelum nikah menyebabkan perselingkuhan, banyakan gombal sih, tapi belum mampu, makanya.

Reply

Liar on January 23, 2013 at 2:11 pm.

bubar aja deh, dari pada tersiksa lahir batin, masih banyak kok yang lain. gitu aja kok repot.

Reply

Belajar membaca wajah on January 28, 2013 at 4:28 am.

wah,,, artikel’a bgus bnget… ;)
smoga brguna tuk yg mmbaca’a ya gan… :)

Reply

kiki on March 15, 2013 at 2:06 am.

ketka pasangan kita selingkuh apa salah klau qt juga selingkuh???

Reply

charlie on March 29, 2013 at 8:38 am.

Buat masbro mbabro yg di selingkuhi, mending bubar aja daripada sakit hati, mungkin dia bukan yg terbaik buatmu

Reply

arga on April 21, 2013 at 4:20 am.

trus gmana caranya biar pacar makin cinta n pastinya gak selingkuh?

Reply

LANNY.LES on May 22, 2013 at 2:02 pm.

ingat di larang slngkuh oleh Tuhan karena tuhan Yesus berkata mereka bukan lagi dua tatapi satu…!!
Tuhan makasih ea atas keharmonisan yang kau anugrahkan

Reply

oka on June 19, 2013 at 2:07 am.

Semua sdh dewasa dan tau mana yg baik dan buruk. Suatu permasalahn/godaan pasti ada, tp semua berawal dari diri sendiri, apakah mau ambil keputusan yg baik/buruk :)

Reply

yonas on August 12, 2013 at 3:30 am.

hindarilah perselingkuhan, demi keutuhan dan kehidupan keluarga yang harmonis.

Reply

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



kata kata untuk orang yg suka m gosib : istilah dari narsis : Putus asa malas tidur : situasi yang mempengaruhi karakteristik individu : definisi remaja secara umum :