Depresi ; Pengertian, Penyebab dan Gejalanya

June 21, 2012

DepresiDepresi adalah gangguan mental yang setiap orang berpeluang mengalaminya. Banyak dari kita kebingungan untuk membedakan antara depresi, stress dan kesedihan. Belum lagi membedakan beberapa jenis dari depresi, misalnya unipolar depression, biological depression, manic depression, seasonal affective disorder, dysthymia, dan lainnya. Ada begitu banyak istilah yang digunakan untuk menggambarkan tentang depresi. Sekarang saatnya kita mengetahui apa itu depresi, dengan tujuan memudahkahkan seseorang atau diri anda ketika mengalami depresi.

Definisi Depresi

Ada beberapa definisi depresi menurut para ahli, mari kita simak :

Menurut Rice PL (1992), depresi adalah gangguan mood, kondisi emosional berkepanjangan yang mewarnai seluruh proses mental (berpikir, berperasaan dan berperilaku) seseorang. Pada umumnya mood yang secara dominan muncul adalah perasaan tidak berdaya dan kehilangan harapan.

Menurut Kusumanto (1981) depresi adalah suatu perasaan kesedihan yang psikopatologis, yang disertai perasaan sedih, kehilangan minat dan kegembiraan, berkurangnya energi yang menuju kepada meningkatnya keadaan mudah lelah yang sangat nyata sesudah bekerja sedikit saja, dan berkurangnya aktivitas. Depresi dapat merupakan suatu gejala, atau kumpulan gejala (sindroma).

Menurut Kartono (2002) depresi adalah kemuraman hati (kepedihan, kesenduan, keburaman perasaan) yang patologis sifatnya. Biasanya timbul oleh; rasa inferior, sakit hati yang dalam, penyalahan diri sendiri dan trauma psikis. Jika depresi itu psikotis sifatnya, maka ia disebut melankholi.

Berdasarkan beberapa pendapat diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa depresi adalah gangguan mood, kondisi emosional berkepanjangan yang mewarnai seluruh proses mental (berpikir, berperasaan dan berperilaku) seseorang, muncul perasaan tidak berdaya dan kehilangan harapan¸yang disertai perasaan sedih, kehilangan minat dan kegembiraan, berkurangnya energi yang menuju kepada meningkatnya keadaan mudah lelah yang sangat nyata dan berkurangnya aktivitas.

Penyebab Depresi

Beberapa ahli juga memberikan penjelasan mengenai penyebab depresi. Menurut Kaplan dalam Tarigan (2003) Faktor-faktor yang dihubungkan dengan penyebab dapat dibagi atas: faktor biologi, faktor genetik dan faktor psiko sosial. Dimana ketiga faktor tersebut juga dapat saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya

1. Faktor Biologi
Dalam penelitian biopsikologi, norepinefrin dan serotonin merupakan dua neurotransmitter yang paling berperan dalam patofisiologi gangguan mood. Beberapa peneliti juga menemukan bahwa gangguan mood melibatkan patologik dan sistem limbiks serta ganglia basalis dan hypothalamus.

2. Faktor Genetik
Data genetik menyatakan bahwa faktor yang signifikan dalam perkembangan gangguan mood adalah genetik. Pada penelitian anak kembar terhadap gangguan depresi berat, pada anak kembar monozigot adalah 50 %, sedangkan dizigot 10 – 25 %.

3. Faktor Psikososial
Mungkin faktor inilah yang banyak diteliti oleh ahli psikologi. Faktor psikososial yang memyebabkan terjadinya depresi antara lain;

  • Peristiwa kehidupan dan stress lingkungan : suatu pengamatan klinik menyatakan bahwa peristiwa atau kejadian dalam kehidupan yang penuh ketegangan sering mendahului episode gangguan mood.
  • Faktor kepribadian Premorbid : Tidak ada satu kepribadian atau bentuk kepribadian yang khusus sebagai predisposisi terhadap depresi. Semua orang dengan ciri kepribadian manapun dapat mengalami depresi, walaupun tipetipe kepribadian seperti oral dependen, obsesi kompulsif, histerik mempunyai risiko yang besar mengalami depresi dibandingkan dengan lainnya.
  • Faktor Psikoanalitik dan Psikodinamik : Freud menyatakan suatu hubungan antara kehilangan objek dan melankoli. Ia menyatakan bahwa kemarahan pasien depresi diarahkan kepada diri sendiri karena mengidentifikasikan terhadap objek yang hilang. Freud percaya bahwa introjeksi merupakan suatu cara ego untuk melepaskan diri terhadap objek yang hilang. depresi sebagai suatu efek yang dapat melakukan sesuatu terhadap agresi yang diarahkan kedalam dirinya. Apabila pasien depresi menyadari bahwa mereka tidak hidup sesuai dengan yang dicita-citakannya, akan mengakibatkan mereka putus asa.
  • Ketidakberdayaan yang dipelajari: Didalam percobaan, dimana binatang secara berulang-ulang dihadapkan dengan kejutan listrik yang tidak dapat dihindarinya, binatang tersebut akhirnya menyerah dan tidak mencoba sama sekali untuk menghindari kejutan selanjutnya. Mereka belajar bahwa mereka tidak berdaya.
  • Teori Kognitif: Beck menunjukkan perhatian gangguan kognitif pada depresi Asikal H.S. dalam Tarigan (2003) Dia mengidentifikasikan 3 pola kognitif utama pada depresi yang disebut sebagai triad kognitif, yaitu : a) Pandangan negatif terhadap masa depan, b) Pandangan negatif terhadap diri sendiri, individu menganggap dirinya tak mampu, bodoh, pemalas, tidak berharga, c) Pandangan negatif terhadap pengalaman hidup. Meyer berpendapat bahwa depresi adalah reaksi seseorang terhadap pengalaman hidup.

Penyebab depresi adalah faktor biologi, faktor genetik dan faktor psiko sosial. Dimana ketiga faktor tersebut juga dapat saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya.

Gejala-gejala Depresi (Symptoms of Depression)

Individu yang terkena depresi pada umumnya menunjukkan gejala psikis, gejala fisik & sosial yang khas. Beberapa orang memperlihatkan gejala yang minim, beberapa orang lainnya lebih banyak. Tinggi rendahnya gejala bervariasi pada individu dan juga bervariasi dari waktu ke waktu. Berikut ini beberapa gejala dari depresi :

  • Terus menerus merasa sedih, cemas, atau suasana hati yang kosong
  • Perasaan putus asa dan pesimis.
  • Perasaan bersalah, tidak berdaya dan tidak berharga.
  • Kehilangan minat atau kesenangan dalam hobi dan kegiatan yang pernah dinikmati.
  • Penurunan energi dan mudah kelelahan.
  • Kesuultan berkonsentrasi, mengingat, atau membuat keputusan.
  • Insomnia, pagi hari terbangun, atau tidur berlebihan.
  • Nafsu makan berkurang bahkan sangat berlebihan. Penurunan berat badan bahkan penambahan berat badan secara drastis.
  • Selalu berpikir kematian atau bunuh diri, percobaan bunuh diri
  • Gelisah dan mudah tersinggung
  • Terus menerus mengalami gejala fisik yang tidak respon terhadap pengobatan, seperti sakit kepala, gangguan pencernaan, dan sakit kronis

Pada umumnya gejala depresi antara lain murung, sedih berkepanjangan, sensitif, mudah marah dan tersinggung, hilangnya rasa percaya diri, hilangnya konsentrasi dan menurunnya daya tahan.

Rujukan :

  1. Rice P.L. (1999) Stress and Health, 3rd Edition, Brookes/Cole.
  2. Kusumanto, R., Iskandar, Y., 1981. Depresi, Suatu problema Diagnosa dan Terapi pada praktek umum. Jakarta: Yayasan Dharma Graha
  3. Kartono, Kartini. 2002. Patologi Sosial 3, Gangguan-gangguan Kejiwaan. Jakarta: Rajawali Pers.
  4. Tarigan, C., Julita 2003. Perbedaan Depresi Pada Pasien Dispepsia Fungsional dan Dispepsia Organik. Diakses dalam http://www.usu.go.id.

41 Comments

rasta on July 7, 2012 at 4:02 pm.

Apakh sya termasuk orang yg depresi??..sy tidak pernah merasa Bahagia Dlm Hal apa pun,rasa ya Malas beraktifitas cuma tidur saja,tidak Ada semangat,,,sensitif!,selalu saja bersedih padahal masalah yang saya hadapi itu Sudah hampir setahun……. Bagaimana cara mengatasinya????

Reply

Neng on October 8, 2012 at 5:42 am.

itu masalah yang sudah lampau kawan
Kalo Menurut saya.. coba anda niatkan dalam diri anda.. “saya ingin mengubah semuanya ! saya ingin bangkit !” bismillah…sibukkan diri anda dengan segala aktifitas positif, berbaur dengan orang orang soleh dan solehah,tanpa keluhan, terus semangat,perbanyak baca alqur’an,dzikir,salat berjamaah dan olahraga..lebih dekatkan diri anda kepada ALLAH SWT . Insya ALLAH ,ALLAH akan memberi jalan kebahagiaan untuk anda. aamiinn

Reply

khansa on September 3, 2012 at 11:50 am.

aku udh depresi 3 bulan … tp masalahnya aku baru smp kelas 1 … apa gak terlalu kecil ?? semua gejala yg ada di blog ini .. sama persis kyk aku … kira2 gimana baiknya ??

Reply

Afi on September 7, 2012 at 9:53 am.

Rasta:
Sekarang aktifitasnya kerja/pelajar???
daripada memperbanyak tidur… menurut saya… bila anda muslim, baiklah memperbanyak shalat, baca QUr’an, dzikir, dilanjut dengan baca buku motivasi, ngobrol dengan orang-orang yang sudah banyak makan garam kehidupan…
buka cakrawala berpikir, buka hati.. betapa ada orang-orang yang bisa berbahagia meski dalam hal sederhana…

Reply

Villa on September 7, 2012 at 1:15 pm.

Apakah ini termasuk penyakit kejiwaan?
bukankah berbahaya buat mental dan jiwa?
apa obatnya

Reply

jassy on September 15, 2012 at 5:07 am.

sudah hampir 2 bulan terkahir ini saya merasa, sedih,marah dan cepat tersinggung yang akhirnya anak2 anak menjadi sasaran kemarahan,,rasa malas badan lemas,saya mulai merasakan ini sudah lebih dari 6 tahun sejak suamiku menikah lagi,,apa kah saya terkena depresi,, aku merasa membenci orang lain cemas yang berkepanjanagan, saya harus bagaimana,

Reply

Ria on September 25, 2012 at 7:11 am.

Pacar saya menikah 1 minggu yg lalu tanpa saya ketahui. Kami pacaran sdh 18thn… Saya sdh pernah aborsi. Skrg dia dg bangga memperkenalkan statusnya sbg suami org, dan saya dianggap tidak ada apa2nya. Perasaan saya skrg setiap hari sedih dan tak putus2nya menangis. Pikiran saya selalu tertekan dan gak tenang, selalu memikirkan knp dia tega spt ini. Saya memang msh ingin bertemu dia utk menyelesaikan masalah kami yg belum tuntas mengingat dia msh pacar saya sampai dia menikah. Kondisi saya skrg kurang bergairah dg semua hal2 yg biasa saya lakukan, kegembiraan sayapun hilang, tdk ada minat apapun, pesimis utk masa depan, bahkan ingin mengakhiri hidup. Mohon bantu saya, sikap apa yg harus saya ambil saat ini. Terima kasih.

Reply

yusuf on October 11, 2012 at 3:22 pm.

RIA.. jangan putus asa, ALLAH SWT sangat benci dengan orang berputus asa dari rahmatNya. syukuri kalau kamu masih bisa bertobat dan mau memperbaiki semuanya. anggaplah dia bukan yang terbaik untuk kamu. mohon petunjuk kepada Allah lewat sholat istikhorah, Insya Allah akan ada solusi dan hidup kamu akan kembali bermakna buat kamu dan orang lain. itu saja dulu solusi dari saya.

Reply

early on March 4, 2013 at 5:29 pm.

Ria, hidupmu berarti.. :)

Reply

yulia on September 9, 2013 at 1:47 pm.

sabar Ria..balasana Allah itu pasti akan datang…biarlah sementara bersenang2 diatas penderitaanmu…kamu benahi diri sebaik mungkin dan berthobat..Allah akan memberikan segalanya yg lebih baik..

Reply

Ridha on October 11, 2012 at 7:44 am.

saiia jga berarti trmsuk org yg lgi depresi,, saya sedih karna orang tua saya selalu slah pham sma apa yg sdh saya lalkukan, padahal saya cuma ingin mmbuat beliau bahagia dengan bercerai sma suaminya yg skrg tpi beliau selalu salah pham & malah mmbuat ibu saya mnjauhi saya dan lebih memilih suaminya dri pda anak kndungnya sendiri
saya sangat merasa terpuruk dgn keadaan skrg, gmna caranya agar saya agar bisa melupakan semua yg saat ini saya rasakan???

Reply

mohammad on October 15, 2012 at 2:53 am.

Gag terasa udah hmpir 1 tahun pengangguran, jd malu ama kluarga juga lingkungan.kesana sini cari lowongan gag dpta2. jdi kepikiran ,mles, susah tidur, juga mles bangun. apa ini juga depresi…?

Reply

ani on October 24, 2012 at 10:06 am.

aku juga lagi depresi . aku punya pacar , kami hampir setahun pacaran tapi aku sudah prnah 2x mlakukan depresi dan skrg dia ninggalin aku . ak harus gmna ?

Reply

refy on November 12, 2012 at 12:15 pm.

apakah saya juga ciri2 orang yang depresi,, saya sering merasa takut dan cemas pd diri saya,, padahal tdk terjadi apa2,, bingung mau ngapa2in ga enak,, dan fikiran sering negatif,, sangat pelupa.. mohon jalan kluarnya, terima kasih

Reply

bony pratama putra on November 18, 2012 at 3:57 pm.

brrti gw depresi donk ?????

Reply

bony pratama putra on November 18, 2012 at 4:03 pm.

solusi biar gk depresi apa y ?

Reply

ama tinus on November 28, 2012 at 2:32 am.

yahuii, harapan adalah monitor paling penting untuk melihat arah hidup setiap manusia. jangan sampai mati, buatlah ia tetap on—

Reply

restu on December 14, 2012 at 12:12 pm.

makasih ya sist/gan postinganya :D

Reply

melin on December 26, 2012 at 2:47 am.

aku kabur dr rmh berrti aku lari dari rmh,aku jg ngrasa smua org yg dkt ma aku ngjauhin aku setelah tau mslh pribadi aku.
aku sering bgt diem dkosan sndri,g smangat kerja,g smangat mkn,g bs menata hdp aku to k dpn’y n aku sering ngelamun.
aku slalu ngrasa diri aku g berharga,gampang marah n gampang kesinggung.
apa ntu gejala depresi ?

Reply

cha on January 7, 2013 at 4:43 am.

Kalian gak pernah sendirian kok..
Saya juga sekarang lagi mengalami apa yang kalian rasain, dan itu semua wajar kok, manusiawi banget.
Ingat, tuhan selalu ada bersama kita, yakin dan selalu percaya semua pasti ada hikmahnya.
Selalu bersyukur dg apa yang kita punya saat ini..
Semangatttttttt kawannnn

Reply

fitri on January 29, 2013 at 3:37 am.

solusinya apa??? help please?????????

Reply

rio on March 5, 2013 at 4:54 pm.

ini sma ya kisahnya, ini sma kejadian kita,, mungkin kita perlu memotivasi diri sendiri kita harus bangkit,, kita merasa kuat,,, kalo ada niatnya yang beneran mungkin kita bangun dari keterpurukan ini,,, mari motivasi diri sendiri kita kita masih kuat, kita masih memikirkan mencari jalan keluar terbaik brati kita masih sanggup Man

Reply

YANTI PUSPITSARI SIMAMORA on March 8, 2013 at 8:30 am.

yah. saya lagi depresi berat dan merasa kehilangan sesorang yang dianggap sebagai seorang. saya tidak bisa menahan emosi kemarahan dan rasa sakit hati dan sangat sangat sangat kehilngan…….. krn beliau yg pling menyayangiku,, meski kdang kras tpi that it’s my father…..

Reply

tiffany on April 3, 2013 at 5:17 am.

depresi itu adalah rasa sedih yang terus berulang ulang…datang ,,, kalo masih berapa hai aja iotu namanya strees aja kok!!. solusi nya coba dech kamu sekarang bangkit ,, bawa aliran positif dalam hidup kamu …!! coba ulang kembali memory kamu tantang apa keinginan ayah kamu waktu ayah kamu masih hidup ke kamu ,,, coba kamu belajar untuk menggapainya,,, pasti kamu ngerasa dekat dengan ayah kamu juga … !! dan karena kamu mau gapai apa yang ayah kamu mau .. kamu juga pasti akan sedikit terbiasa dan makin positif untuk lebih hidup ..

silahkan dicoba ya !!

:D

Reply

Ina on March 9, 2013 at 7:58 pm.

Setelah saya kehilangan kk yg sgt dekat dgn saya, beliau meninggal 1 thn yg lalu. Pada saat itu saya sgt takut kehilangan suami & ank ank saya. Tp apa yg saya dpt kan adlh perselingkuhan suami sy dgn org yg tdk saya kenal. Saya dgn tdk sengaja membaca chat nya dgn wanita lain, dan dgn beberapa wanita yg lain lg. walaupun kejadiannya hmp 1 thn. Suami meminta kesempatan kedua buat menyelamatan pernikahan di karenakan kami sdh memiliki anak. Sejak kejadian tsb hidup saya seperti hancur, sedih, terpuruk, saya mudah sekali terpancing emosi. Bahkan pernah terlintas untk mengakhiri hidup saya. Saya hanya tdk percaya knp suami saya bs bgt tega terhadap saya, yg mn selama ini saya sdh berusaha untk menerima suami saya apa adanya dan saya sdh berkorban buat suami. Bgm cara saya mengatasi ini semua, saya sering menangis sendiri, saya kdg merasa spry manusia yg bodoh dan benci kpd diri saya sendiri. Saya tdk kuat dgn keadaan seperti ini. Saya merasa sgt tertekan. Apa lg suami menganggap ini hal biasa buat laki laki. Saya seorang ibu yg hrs berkorban perasaan demi anak anak saya, yg mn mereka msh bth figur seorang ayah. Tlg bantu saya, biar saya bs melangkah ke depan lbh bersemangat menjalani kehidupan saya. Trm ksh

Reply

mayyu on March 27, 2013 at 11:45 pm.

sudah 2 tahun saya mengalami gejala yang sama di blog ini, dan hampir 2 tahun pula saya komsumsi obat kimia tapi belum ada perubahan. sampai sampai saya keliling dari dr ahli yang satu ke dr ahli yang lain hingga akhirnya ada dr yang mengatakan kalau aku menderita penyakit gangguan cemas yang ciri ciri sama dengan depresi itupun dia mengatakan bahwa dr hanya bisa membantu 50 % saja dan sisanya ada pada diri anda sendiri, akhirnya setelah saya pelajari penyakit ini saya coba baca buku religi dan itu sangat membantu saya dalam pemberikan semangat dan terus berusa untuk sembuh tampa putus asa. adapun hadist dan ayat alquran yang biasa saya baca dan insyaallah bisa membantu teman teman yang mengalami ciri penyakit dari blog ini antra lain: *alquran itu adalah obat penyembuh*allah swt tidak akan mengubah nasib suatu kaum selama dia tidak mengubah dirinya sendiri*allah swt tidak akan menurungkan penyakit melainkan ada obatnya,maka berobatlah kalian*allah swt tidak akan memberikan musibah kepada seorang muslim melainkan akan menghapuskan dosa dosanya meskipun hanya tertusuk duri*

Reply

widya on March 25, 2013 at 5:06 am.

Saya, kurang konsentrasi, Dan, mersa sedih kalo mengingat tentang masalalu orang tua saya berpisah. Apakah itu ? Di katakan depresi juga ?

Reply

eva on March 26, 2013 at 10:10 am.

jagan pernah kita ngersa kita sendiri, masih bnyak orng2 di luar sana yang sayang sama kita, yang peduli sama kita, dekatkan lah diri dengan tuhan, pasti di kasi petunjuk. tuhan itu maha adil,jangan jadikan cobaan yg anda alami sekarang ini, berarti hidup anda tidak ada artinya lg. jangan pernah menyia nyiakan hidup ini, hidup hanya sekali, anda masih bisa melakukan yg terbaik untuk diri anda sendiri dan orng2 yang anda sayangi.
semangat teman teman :)

Reply

paul on March 28, 2013 at 12:46 pm.

hay saya ..mengalami hampir semua gejala..kecuali berat badan.yang menurun…tapi akhir .akhir ini saya menjadi kurang nafsu makan..bagai mna cra pnyembuhannya…mksh

Reply

Dani sanjaya on March 30, 2013 at 10:40 am.

saya sering kali merasa cemas & sedih karena tidak mendapatkan perkerjaan
dan sering kali tertutup, dan jarang keluar rmh dan sering tidur
perasaan sering kali malas

apa itu tanda gejala depresi y?

Reply

lisya on April 1, 2013 at 9:39 am.

apakah saya termasuk dalam gejala depresi??saya maerasa cepat tersinggung, sensitif berlebihan, merasa diri sendiri selalu tak berguna lagi, selalu pengen sendiri. selalu menghidar dari kesenangan yang menurut saya itu hanya berpura2 saja.

Reply

Hany on May 22, 2013 at 12:35 pm.

Mba Lisya, saya Hany. Apabila mba berusia 20-40 tahun dan berdomisili di Jakarta/Depok, dapat menghubungi saya via sms 08979071997 untuk melakukan intervensi psikologi. Terima kasih :)

Reply

yanti on April 19, 2013 at 6:01 am.

adik saya seorang ibu rumah tangga, mengalami semua gejala seperti yang disebutkan diatas. kondisi ini baru kami ketahui selama 2bln terakhir. dia dapat mengutarakan semua yang dirasakannya (perasaan galaw yg ga jelas, tiba2 merasa sedih dan bingung mau melakukan aktifitas, pikiran kosong, dan hampir setiap malam sulit tidur). beberapa hari ini dia lebih pendiam juga selalu takut salah. apa yang harus saya lakukan untuk bisa menolongnya ? pergi ke psikolog atau ke psikiater ? apakah metode hipnoterapi efisien untuk mengurangi beban pikirannya bila sudah sampai pd kondisi seperti ini?

Reply

Hany on May 22, 2013 at 12:34 pm.

Mba Yanti, saya Hany. Apabila adik mba berusia 20-40 tahun dan berdomisili di Jakarta/Depok, dapat menghubungi saya via sms 08979071997 atau email hanyhapsarikn@yahoo.com untuk mengikuti intervensi psikologi. Terima kasih :)

Reply

jorimarisko on May 19, 2013 at 7:43 pm.

saya merasa belum mampu mengikuti ritme kerja ditempat baru saya bekerja.Saya promosi 2 bulan yang lalu,namun sampai saat ini sudah hampir 3 bulan saya masih belum bs mengukuti ritme kerja,dan sampai saat ini saya belum mendapatkan fellnya,yang saya kerjakan saat ini hanya menjalankan perintah dan berusaha keras menyelesaikannya.Sampai saat ini saya malas bangun pagi untuk berangkat kerja,dan setelah tiba dikantor perut saya selalu berasa mules.Saya selalu sedih karena apa yg saya alami dan ketidakmampuan saya.Mohon batuan solusi,dan apakah saya termasuk depresi.Mohon bantuan dan tanggapannya,terimaksih.

Reply

renka on June 25, 2013 at 12:28 pm.

saya juga mengalami gejala2 yg tercantum d atas. .
dan lebih parahny saya mulai menutup dri pd lingkungan sosial. menganggap rumah adalah tempat ternyaman meski saya selalu merasa kesepian.
selain itu saya pun mulai tdk percaya dg manusia. kecenderungan saya yg takut disakiti sering kali jg mempengaruhi n memunculkan ketakutan saya pd apapun disekitar saya. meski itu hny perubahan kecil.
apa ini trmasuk dlm depresi akut?

Reply

Bunga on June 27, 2013 at 4:41 am.

Saya ga tau apakah yg saya alami ini bs disebut depresi psiko sosial..saya merasa tertekan dikantor,sehingga semua pekerjaan yg saya lakukan tidak dpt saya mengerti..saya menjadi tdk nyaman dikantor,perasaan malas kekantor tp krn msh ikatan dinas sy tdk bs resign.smua lingkungan ditempat kerja tdk ad yg membuat sy semangat utk kerja malah semakin membuat down dan makin ga betah..please sy butuh masukan,hrs bagaimana

Reply

agus maulana on July 27, 2013 at 12:39 pm.

tlong sy,,sy btuh tmn shre dgn apa yg sy rsain 083876821997..

Reply

Sari on August 15, 2013 at 8:40 am.

Saya merasa termasuk orang depresi, terkadang saya tiba2 nangis tanpa sebab, banyak melamun dan malas untuk beraktifitas seperti umumnya, keinginan saya hanya mati dan tidur.
Saya bingung gmna menghilangkan nya?
Orang lain gak ada yg tau saya seperti ini, pacar saya pun engga tau?
Susah akan dikontrol semuanya…
Uang atau kesenangan tidak merubah saya…

Reply

putrichairunnisa on August 20, 2013 at 2:42 pm.

Saya mengalaminya . 100 %seperti d atas. Bagaimana carany??. Agar kembali seperti semula . Semangat hidup, bdan kembali propesional, ? . Terkadang semngat hidup 1 hari ,2 hari datang .esok-esokannya kembali lunglai,cemas dll. Sehingga bdan turun drastis. Kalau naik berat bdan hnya bertahan 1 minggu?. Wajah terliat tak bergairah lemass aja mau tidur saja. Apa bisa krn suatu penyakit atau terkena guna* #wow

Reply

tajus on August 22, 2013 at 4:24 am.

Teman sy ciri” mndekati depresi. Mohon saran cara mngatasi. Apakah ada obatnya. Thanks

Reply

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



Arti jerawat : rahsia bibir terbelah : telinga yang cupingnya panjang : persepsi : kecerdasan emosional :