Ketika Orang Berbicara di Belakang Anda (Gosip)

May 11, 2012

Pernahkan ada seseorang; tetangga; teman yang membicarakan diri anda? keluarga anda? yah bahasa kerennya gosip.. atau orang jawa menyebutnya Rasan-rasan,, hehe. Apakah Anda marah dan jengkel, ingin membantah atau bahkan ingin ‘menyerang’ balik? saat seseorang berbicara di belakang Anda? Sudah saatnya anda menyikapi hal tersebut dengan santai dan bijaksana. Orang akan berbicara di belakang anda, bukan hanya karena Anda lemah, tetapi karena hidup Anda memang layak dibicarakan. So, be wise..!

Gosip

Gosip

Alasan mengapa orang berbicara di belakang Anda

Sebelum memikirkan bagaimana cara menyikapi gosip tentang anda, ada baiknya kita mengetahui penyebab orang membicarakan anda.

1. Anda Berprestasi
Dalam banyak kasus, orang akan berbicara di belakang Anda ketika Anda telah mencapai sesuatu yang mereka tidak bisa capai. Ini sebetulnya adalah kemajuan yang patut ditiru, dimana memicu pembicaraan di belakang Anda. Masyarakat yang cenderung tradisional seringkali bergosip tentang sekolah, perguruan tinggi atau tempat kerja dan profesi anda. Hal ini sangat mungkin menjadi alasan mengapa orang bergosip di belakang Anda. Bisa jadi orang-orang tersebut tidak bisa menyamai anda.

GosipMari kita ambil contoh anda bekerja sebagai penyanyi atau anak band. Penulis tidak akan berdebat tentang apakah anda adalah seorang penyanyi yang baik atau tidak. Tapi bukankah kita melihat pandangan miring masyarakat tentang seorang penyanyi? Seringkali tetangga kita mencemooh “Mau jadi apa kalau tiap hari ngeband?” atau “Lihat tuh si mimin, kerjanya pulang mpe pagi,, jangan-jangan ups…!”. Masih banyak lagi contoh status pekerjaan yang dicibir oleh masyarakat. Mereka hanya mau tahu kalau bekerja ya di kantor, TITIK!

2. Cemburu pada Hal-hal Baik dalam Hidup Anda
Mari kita mulai ini dengan contoh klasik. Mr X menjadi personalia dalam waktu kurang dari 6 bulan, Mr X akan dipromosikan dan menjadi manajer. Mr Y dan Miss Z telah bekerja di perusahaan sejak 2 tahun terakhir dan telah menantikan untuk dipromosikan ke pos yang sama. Tapi Mr X mendahului mereka, Mr Y dan Miss Z terus berbicara tentang Mr X di belakang punggungnya sepanjang hari.

Dipromosikan di tempat kerja hanya contoh. Kenyataan hidup yang berat adalah bahwa ketika orang menjadi cemburu pada sesuatu yang telah anda terima, mereka akan terus berbicara di belakang Anda.

3. Mereka tidak memiliki sesuatu yang lebih baik dari Anda
Fakta lain yakni orang-orang yang membicarakan Anda adalah orang-orang yang tidak memiliki sesuatu untuk dilakukan untuk menjadi seperti anda. Tentunya kita semua ingin hidup menjadi lebih produktif dan lebih berarti, daripada bergosip dan mengeluh tentang orang lain. Hal ini menyebabkan satu fakta sederhana. Hidup mereka yang sengsara dan menyedihkan!

Bagaimana Mengatasi Gosip yang Menimpa anda?

Lantas apa yang harus anda lakukan jika orang-orang membicarakan “sesuatu” tentang diri anda? berikut beberapa tips mengatasi gosip tersebut.

1. Tidak Perlu Melakukan Apa-apa
Hal pertama yang harus lakukan adalah mengakui dan memahami tentang gosip tersebut, bahwa tidak ada yang dapat Anda lakukan. Anda mungkin dapat untuk meyakinkan (klarifikasi) kepada orang yang berbicara tentang Anda. Namun berapa banyak orang di lingkungan anda yang akan Anda coba meyakinkannya? Apakah Anda tahu bahwa bahkan orang seperti Steve Jobs (pendiri Apple) memiliki banyak kritikus dan bahkan pernah mengalami pemecatan. Poin yang penulis tekankan adalah bahwa apa pun yang Anda lakukan dan seberapa baik Anda dalam kehidupan, tetap akan ada orang yang berpikir BURUK tentang anda!

2. Pahamilah bahwa mereka sebenarnya TIDAK PEDULI dengan Anda
Orang-orang yang berbicara di belakang Anda jelas tidak penting dalam hidup Anda. Jika mereka benar-benar peduli, mereka akan berada di sisi Anda, mendukung dan memberikan kritik membangun, bukan sekedar ‘ngerumpi’ bukan? Kebahagiaan sejati terletak pada kemajuan dan kesejahteraan sebagai individu serta orang yang Anda cintai termasuk keluarga dan teman. So, apa yang orang lain katakan dan pikirkan tidak akan mempengaruhi kehidupan Anda. Sadarilah ini sebelum terlambat!

3. Tersenyumlah ketika Anda berjalan melewati Mereka
Pukulan terbesar bagi siapa saja bergosip di belakang Anda adalah ketika melihat Anda berjalan dengan dengan senyum percaya diri mengatakan, “Saya tahu Anda berbicara di belakang saya tapi saya tidak peduli”. Anda juga bisa menertawakan gosip tsb, dan mengatakan “Ah, bisa aja jeng..?!”, tunjukkan bahwa Anda tidak terpengaruh oleh pembicaraan mereka. Atau jangan katakan apa-apa selain tersenyum seolah-olah Anda adalah orang paling bahagia di dunia. Simple bukan?!

Tersenyumlah terhadap Gosip
4. Jangan merasa menjadi Korban
Ketika seseorang berbicara ‘buruk’, terkadang menimbulkan rasa gelisah, takut dan rasa sungkan. Jika hal ini terjadi, maka anda telah menjadi “korban”. Yang harus anda lakukan adalah mainkan peran sebagai lakon atau pemenang. Rayakan dan bagi cerita kepada keluarga atau sahabat bahwa anda menjadi “selebritis”.

5. Membangun Hubungan Menyenangkan pada Lingkungan Anda
Masalah yang terkadang menyebabkan anda tidak disukai oleh orang-orang disekitar anda adalah anda cenderung individualis dan kurang komunikatif dengan lingkungan sekitar. Oleh karena itu sedikit demi sedikit bangunlah komunikasi yang menyenangkan dengan orang-orang di sekitar anda. Dengan menunjukkan sikap yang menyenangkan, ‘stereotip’ jelek tentang diri anda sedikit demi sedikit akan pupus, dan sontak mereka berkata “Oh si Anu baik koq, humoris… ternyata ngga seperti yang kita duga jeng….?!?!”.

6. Rencanakan Konfrontasi dengan Baik
Tidak selamanya konfrontasi dilakukan secara agresif, anda bisa melakukan pendekatan yang persuasif, karena konfrontasi agresif hanya cocok bagi orang yang sangat siap secara mental. Caranya; dekatilah orang-orang yang anggap ‘penting’ dan berpengaruh dalam sebuah kelompok orang yang sering membicarakan anda. Lakukan pembicaraan dan bangunlah komunikasi dua arah. Jika anda berhasil membangun simpatik dari orang tersebut, penulis yakin “pengikutnya” pasti akan luluh juga.. hehe.

Hal tersebut diatas dapat anda lakukan sesuai kesiapan, kondisi dan lingkungan anda. Yang paling penting ketika orang berbicara di belakang anda adalah dengan maju dan terus melakukan apa yang telah Anda lakukan untuk kebahagiaan anda dan keluarga. Go for it!

11 Comments

annisa maghfira on July 21, 2012 at 1:33 pm.

aduhhh panas neyyy gw di gosipin pacaran ma si dy padahal kan kenyataannya gak. emang sihh tu cwo suka nunjukin klu dy suka ma gw tpy gw responnya agak cuek biar gk di gosipin tpy nyatanya gw malah di gosipin aduh tolong dong gmna neyhh cara ngadepinnya ???? rasanya gw pengen tonjok tu ibu” ma anak” n cucu”nya yg ngomongi gw

Reply

jai supriyadi on July 29, 2012 at 2:31 pm.

ilove you atuh kang nu ngeleg didieu…………..mohon maaf bagi semua manusia ……… amien…

Reply

helda on December 20, 2012 at 11:18 am.

Aduhh………..dekat sami ini d’bilang pacaran,dekat ma si itu juga d’bilang pacaran trs gak bisa ya lait teman dekat dikit ma teman d’gosip pcran terus sirik ya trs yg ngegosip malah dekat ama yg dkt ma q gak ? ????(??? ?? ) itu cma gak tener bisa @ cuman ngegosip and ngerub itu tmn dari kita ea….ya maklum lah cwo setengah cwe……gak bisa kle ya liat kita temenan ma cwo cakep hasil @ mw ngerubut az.

Reply

ROSA MY HAPPY on March 21, 2013 at 12:59 pm.

BENar juga tuuh,,,,buang buang waktu dan buang-buang energi aja ya tuk merespon gosip orang lain terhadap diri sendirii..

mantafff ya solusinya.

Reply

Nia on March 22, 2013 at 12:52 am.

Thanks y, Q dah d’ingetin tuk lebih tidak memperdulikan mereka karena mereka juga tidak peduli terhadap diri kita, mereka hanya ingin menjatuhkan kita & tidak memperbolehkan kita untuk meraih suatu apa yang kita harapkan (b’bahagia).. Yah, dalam bahasa kasar’y mereka hanya merebut kebahagiaan diri kita, so lupain mereka.. jangan sampai kita lupa apa yang kita capai & b’paling k’pada mereka yang mempunyai kecenderungan negatif thd kita..

*Tetap Semangat, dan jangan pedulikan mereka.. ^^

Reply

Lena on April 20, 2013 at 4:03 am.

hmm kl ngegosipin qt ttg hal yg bgz krn mrk tdk punya sesuatu yg lbh baik dr qt sih bodo amat..tp kl mrk kerjaannya gosipin kejelekan seseorg gmn ya? kyk mrk ga ngaca aja..jujur saya ga suka sm org yg suka gosipin kejelekan org di blkng..scr saya jg ga suka gosipin kejelekan org d blkng.. saya ga habis pikir ada ya org yg ngegosipin sahabatnya sendiri…pdhl biasa kmn2 1 paket tuh.. memang satu2nya jln ya cuekin aja cm gmn gtu..

Reply

bang sabeni on May 3, 2013 at 11:55 pm.

kalo orangnya w telen aja sekalian gimana……ngak usah pake senyum di hadapan dia ……pokoknya lu jual gua embat lo…………cape ngadepin orang kaya ditu …bermental tikus nying2…….

Reply

biela on August 2, 2013 at 9:04 am.

salam dari malaysia. terima kasih kerana bagi tips yg sangat bagus! saya pernah menjadi mangsa orang berbicara di belakang saya,jadi tips ini sangat berguna jika saya hadapinya sekali lagi di masa hadapan. terima kasih!

Reply

riyanaditiya on November 5, 2013 at 7:51 pm.

Wduh sya kga menyadari,a yah brrti kesimpulanna
Mereka hanya iri dngan ku ?å.=D. ?å. =D. ?å. =D ?å
«?». «?». «?»
?^?. ?^?. ?^?. Ternyata slama nie q artis yah
??”???”??? (???) maksih bnyak atas pelajaran,a sngat
Mudh di mngerty ko bu/pa x lg makasih bye-bye gosip

Reply

gocek on May 3, 2014 at 8:58 pm.

6. Rencanakan Konfrontasi dengan Baik
sepertinya itu sama seperti kita ingin bunuh diri kalau kita tidak pandai bicara.

Reply

gocek on May 3, 2014 at 9:01 pm.

Bahasa indonesia itu banyak artinya , saya ambil contoh: sarung,
artinya bukan hanya sekedar sarung yang dipakai untuk salat tapi :sa·rung [1] n 1 selongsong(se·long·song berangus (pd moncong anjing)
yg dibuat dr kayu, kulit, atau logam tempat memasukkan keris (pedang dsb); 2 sampul; salut; pembungkus: — bantal; — tangan; 3 kain sarung;

Reply

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



ilmu psikologi sikap : definisi persepsi : apa yang dimaksud dengan depresi : arti kepribadian dibalik wajah seseorang : sikap :