Rasa Takut, Apakah anda Phobia?

February 18, 2012

Seringkali seseorang menyebut dirinya phobia terhadap sesuatu yang ia takuti sehingga kata-kata “phobia” menjadi populer di pergaulan kita sehari-hari. Namun apakah Rasa Takut itu adalah Phobia? Apakah kita takut terhadap ular lantas kita menyebut phobia ular? Apakah kita takut terhadap buaya lalu kita menyebut orang yang phobia buaya? Penulis yakin semua orang takut jika bertemu buaya, kecuali pawang buaya :)

Rasa takut merupakan reaksi manusiawi yang secara biologis merupakan mekanisme perlindungan bagi seseorang pada saat menghadapi bahaya. Ketakutan adalah emosi yang muncul pada saat orang menghadapi suatu ancaman yang membahayakan hidup atau salah satu bidang kehidupan tertentu. Ketakutan biasa disebut dengan tanda peringatan terhadap hidup, peringatan agar berhenti, melihat atau mendengarkan.

Setiap manusia dihadapkan pada peringatan serta ancaman yang sangat menuntut perhatian. Rasa takut betul-betul memperlambat dan mengendalikan sejumlah besar emosi psikosomatis. Salah satu tujuan dari pengendalian adalah untuk membantu seseorang untuk menghindarkan diri dari bahaya dan mengatasinya. Bila seseorang diliputi rasa takut, kebahagiaan maupun sukses kita terancam, orang itu sering mengalami rasa nyeri pada perut, telapak tangan berkeringat, jantung berdenyut kencang, malas bergerak, gagap bicara dan lain sebagainya.

Berhadapan dengan situasi yang menakutkan, reaksi orang berbeda-beda, ada orang yang tidak takut pada si anjing itu sendiri, tetapi ada mereka yang takut hanya mendengar gonggongannya. Tapi ada orang lain yang tidak terganggu gonggongan anjing. Ada orang lain yang sungguh-sungguh takut terhadap halilintar, sedang orang lain tidak. Adalah normal pada saat menghadapi bahaya tertentu orang merasa takut dan tingkat ketakutan itu biasanya sebanding dengan besar-kecilnya bahaya.

Tetapi kenyataan menunjukkan bahwa penyebab obyektif dari rasa takut itu justru dilupakan seseorang, sehingga reaksinya terasa lebih berat, lebih cepat dan lalu menimbulkan kepanikan. Rasa takut yang sedemikian hebat ini sangat tidak sebanding dengan penyebabnya. Inilah reaksi neurotik murni. Ketakutan inilah yang kita sebut dengan “Phobia”. Hanya dengan melihat kucing hitam, seseorang lalu khawatir akan mati. Padahal dengan melihat kucing hitam tentu seseorang tidak akan mati kecuali melihat kucing hitam sambil berdiri di tengah rel kereta api.

Pengertian Phobia adalah Ketakutan neurotik menunjukkan adanya reaksi-emosional yang tak sebanding dengan rangsangan. Dengan kata lain penyebab ketakutakan tidak obyektif dan tidak sebanding dengan resiko jika menghadapi bahaya atau rangsangan tersebut. So, jangan keliru jika anda takut harimau bukan berarti anda phobia harimau. Wassalam

4 Comments

Eric on March 6, 2013 at 7:20 pm.

bener nih artikelnya!

tapi, gimana cara ngilangin rasa takut itu sendiri, contohnya saya takut sama tawon,lebah, karena waktu kecil dlu pernah melihat banyak benjolan bekas sengatan tawon di muka teman saya. saya takut juga sama laba-laba karena dlu waktu kecil pas mau makan nasi bareng kakak saya ada laba-laba jatuh dari langit-langit dan kakak saya mengerjai saya dengan melemparkan laba-laba tersebut ke arah saya dan laba-laba itupun jatoh tepat di atas makanan saya, sejak saat itu saya geli dan juga kesal terhadap laba-laba. saya takut sama semua binatang yang mempunyai gerakan dengan kecepatan tinggi spt, capung (geli klo di hinggapin), kupu-kupu (geli juga kalo dihinggapin).

dan ga semudah membalikkan telapak tangan untuk menghilangkan presepsi yang sudah tertanam di dalam kepala saya terhadap binatang-binatang tersebut.

ada saran ? kirim ke e-mail juga boleh.

makasih sebelumnya.

Reply

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



definisi remaja : persepsi : arti wajah : cinta itu tdk emosi : sikap dalam perilaku individu :